EKONOMI

Wartawan Aceh Diedukasi Ekonomi Keuangan Syariah

LHOKSEUMAWE – Puluhan jurnalis dari sejumlah daerah mengikuti edukasi Ekonomi dan Keuangan Syariah di Hotel Mata Ie Resort, Kota Sabang.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia tersebut selama tiga hari yakni 3 hingga 5 September 2019.

Kepala Bank Indonesia Provinsi Aceh, Zainal Arifin Lubis mengatakan, kegiatan tersebut akan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada wartawan terkait dengan konsep ekonomi dan keuangan syariah, serta mensosialisasikan Qanun Lembaa Keuangan Syariah.

“Jadi dengan kegiatan ini kami berharap, nanti awak media bisa meneruskan dan membantu menyampaikan kepada masyarakat dengan ilmu yang sudah diperoleh selama mengikuti edukasi ini.

Sehingga Ekonomi dan Keuangan Syariah bisa berjalan dan diterapkan dengan di Provinsi Aceh ini,” ungkapnya.

Lanjutnya, selama ini pertumbuhan ekonomidi Aceh sangat baik dari tahun ke tahun, dimana diketahui pada tahun 2018 pertumbuhan mencapai 4,6 persen dengan inflasi 1.8 persen, hal itu merupakan sebuah prestasi yang baik dibandingkan tahun 2017 lebih tinggi inflasi yang mencapai 4,7 persen.

“Kita berharap di tahun 2019 bisa dipertahankan, walaaupun dalam kuartal ke dua yakni pertumbuhan ekonomi hanya mencapai tiga persen. Namun, untuk inflasi Alhamdulillah di tahun 2019 ini akan mencapai target,” ungkapnya.

Lanjutnya, Industri juga sangat penting di Aceh, karena hal itu dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, sehingga dapat mengurangi tingkat kemiskinan.

“Oleh karena itu BI mengajak semua pihak untuk membangun industry dan fokus pada keunggulan Aceh, baik itu pertanian, perikanan, dan pertambangan,” imbuhnya. (AA)