NASIONAL

Vlog Idiot Musisi Ahmad Dhani Dianggap Ilegal

WartaDetik | JatimTudingan bahwa vlog idiot musisi Ahmad Dhani yang ditayangkan di pengadilan, dianggap ilegal oleh tim kuasa hukumnya, ditepis Kejaksaan. Kejaksaan pun memastikan jika barang bukti yang dimilikinya terkait kasus tersebut sudah cukup.

Kepala Kejati Jatim Sunarta mengaku, sikap pembelaan dari kuasa hukum Dhani itu dianggapnya merupakan hal yang lumrah. Sebab ia menyebut jika tugas dari kuasa hukum memang untuk membela kliennya.

“Kejaksaan sudah melalui kajian, jaksa menyatakan P21, dan versi kami sudah cukup,” ungkapnya, Jumat (8/3).

Terkait dengan tudingan bahwa vlog Dhani yang tidak masuk dalam daftar barang bukti, ia pun menyerahkan penilaian tersebut kepada majelis hakim. Ia memastikan jika hakim akan menguji semua yang terjadi dalam persidangan. “Biarkan hakim yang menguji,” tambanhnya.

Dikonfirmasi mengenai pencabutan keterangan dalam berita acara pemeriksaan oleh para saksi pelapor, Sunarta tidak mempermasalahkannya.

Sebab, pihak jaksa atas nama negara juga memiliki subjektivitas dengan apa yang telah ditetapkan. “Enggak papa (pencabutan) itu. Enggak masalah,” ungkapnya.

Sebelumnya, Aldwin Rahadian, salah satu kuasa hukum Ahmad Dhani mempertanyakan soal vlog yang diputar dalam sidang, tidak ada dalam daftar barang bukti. Padahal, selama ini Polisi sudah melakukan pemeriksaan terhadap video tersebut secara forensik digital.

“Jaksa tidak memuat barang bukti video sesuai lab forensik digital sesuai dalam berita acara, berkode IMG 0218 mov. Itu harusnya,” ujarnya, Selasa (5/3).

Ia menambahkan, majelis hakim telah menetapkan bahwa jaksa tidak memasukkan video dalam daftar barang bukti, yang menyangkut pokok materi perkara. Hal ini, tambahnya, berakibat video yang diputar di pengadilan dianggap ilegal karena tidak bersumber dari lab forensik digital.

“Kalau video itu tidak dijadikan barang bukti ya wes sudah, perkaranya selesai. Video yang didapat jaksa, tidak sesuai dengan yang ada diberita acara. Vlog yang didapat jaksa entah dari mana itu ilegal,” tambahnya.

Ahmad Dhani diketahui tengah menjalani proses persidangan kasus vlog Idiot. Ia pun dijerat dengan pasal 45 ayat 1 jo 27 ayat 3 Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. [] Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *