NASIONAL

Seleksi CPNS diumumkan 25 Oktober terbanyak

Wartadetik.com, Jakarta – Rangkaian seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan dibuka pada Jumat (25/10/2019). Keputusan pembukaan ini sudah diumumkan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin, Selasa (15/10/2019).

Dalam waktu 15 hari kalender sejak diumumkan secara resmi, masyarakat bisa mengakses formasi apa saja yang tersedia melalui website dan media sosial milik masing-masing instansi atau membukanya di portal penerimaan CPNS: sscasn.bkn.go.id.

“Jadi kalau ada netizen atau warganet yang ngeluh belum buka, ya emang belum. Sekarang ini masih tahap pembagian formasi,” kata Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan, kepada Liputan6.com, Jumat (18/10/2019).

Setelah itu, pendaftaran baru dibuka pada November 2019. Hasil seleksi administrasi rencananya bakal diumumkan pada Desember 2019.

Untuk seleksi kali ini, peserta tes bisa memberikan sanggahan jika ada kesalahan administrasi. Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan-RB Andi Rahadian menjelaskan, peserta tes CPNS bisa mengirim sanggahan ke Kementerian atau Lembaga (KL).

Andi menyebut seleksi administrasi akan terlaksana sekitar bulan Desember. “Seleksi administrasi kurang lebih Desember. Waktu sanggah bulan Januari,” ujar Andi, Kamis (17/10/2019). Para KL memiliki waktu tujuh hari untuk merespons sanggahan tersebut.

Sedangkan jadwal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan diumumkan pada Januari 2020. Tes SKD sendiri bakal digelar pada Februari 2020. Hasilnya diumumkan sebulan kemudian. Lalu diikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Nah, hasil tes SKD dan SKB bakal digabungkan pada berlangsung pada April 2020.

Ridwan dalam siaran persnya menjelaskan, Pemerintah membuka 197.117 formasi. Ridwan menjelaskan, lowongan sebanyak itu akan disebar ke instansi pusat sebanyak 37.854 formasi di 74 kementerian/lembaga. Sedangkan 159.257 formasi disebarkan ke 467 Pemerintah Daerah.

Formasi terbanyak yang dibuka adalah guru, dengan 63 ribu lowongan. Tenaga kesehatan (bidan, dokter, dokter gigi, perawat, dan sebagainya) sebanyak 31 ribu. Tenaga teknis fungsional 23 ribu dan tenaga teknis lainnya 28 ribu.

Ridwan mengimbau, bagi mereka yang berminat mengikuti rekrutmen CPNS 2019, agar mempersiapkan dokumen yang diperlukan sembari menunggu pengumuman resmi.

Dokumen yang diperlukan tersebut antara lain, pas foto, pindaian ijazah, transkrip nilai, KTP, Kartu Keluarga, dan sejumlah dokumen lainnya. Selain itu, sebelum mendaftar, pelamar harus memastikan latar belakang pendidikan dan kualifikasinya. “Benar-benar pilih formasi yang sesuai kualifikasi,” kata Ridwan, .

Calon peserta bisa mendaftar jika pengumuman sudah dibuka. Pendaftar bisa membuat akun di sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK (nomor induk kependudukan) dan nomor kartu keluarga.

Masuklah dengan NIK dan password yang telah dibuat. Lengkapi biodata dan pilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan. Lengkapi data, kemudian unggah dokumen yang diperlukan. Periksa resume anda, sebelum mencetak kartu pendaftaran.