PERISTIWA

Puluhan Rumah Warga Rusak Diterpa Angin Kencang, Fauzi Yusuf  Serahkan Bantuan untuk Korban

Wartadetik.com, Lhokseumawe– Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf alias Sidom Peng, menyerahkan bantuan masa panik kepada korban kerusakan rumah akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda empat kecamatan di Aceh Utara. Akibatnya, puluhan rumah warga rusak dan roboh disebabkan tertimpa pohon, Selasa 9 Juni 2020 sore.

Penyerahan bantuan tersebut Wabup Aceh Utara itu didampingi Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Aceh Utara, Zulkarnain, Camat Meurah Mulia, Fuad Cahyadi, Kapolsek Meurah Mulia, Ipda Sirya Iqbal, Danramil 07 Meurah Mulia, Kapten Inf Said, tokoh masyarakat dan sejumlah unsur Muspika lainnya, Rabu 10 Juni 2020.

Sedangkan korban bencana alam yang mendapatkan bantuan masa panik dari Pemkab Aceh Utara itu, yakni Kecamatan Meurah Mulia meliputi Gampong Blang Reuma, Meunasah Mee, Meunje Payong, Baroh Kuta Bate. Kemudian, Paya Bakong terdiri dari Gampong Hasan Seulemak, Pucok Alue Seulemak, Cot Teufah, Teungku Dibanda Tek Tek, dan Kecamatan Nibong di Gampong  Ranto serta Nisam Antara, Gampong Alue Dua.

“Kerusakannya ada yang rusak ringan dan berat. Tapi sampai saat ini belum ada warga yang mengungsi, sebagian hanya tinggal sementara di rumah tetangga ataupun saudaranya. Kita mengontrol terus apa saja kebutuhan masyarakat yang tertimpa musibah angin kencang yang terjadi kemarin,” kata Fauzi Yusuf, kepada wartawan, Rabu.

Menurut Fauzi Yusuf, untuk data sementara bahwa kerusakan rumah warga akibat diterpa angin kencang itu terdapat empat kecamatan. Namun, paling banyak rumah yang rusak itu di Kecamatan Paya Bakong ada 9 Kepala Keluarga (KK) dan Meurah Mulia terdapat 11 KK, tapi secara keseluruhan dari empat kecamatan ada sekitar 21 KK dan 31 jiwa.

“Kita menyerahkan bantuan masa panik kepada para korban musibah tersebut, dan terus mendata melalui masing-masing camat di kecamatan terkait. Nantinya juga akan memberikan bantuan berupa seng, triplek maupun hal serupa lainnya untuk diperbaikan kembali rumah warga yang mengalami kerusakan itu,” ujar Fauzi Yusuf. (ZilVa/Iva)