NASIONAL

Polsek Darul Aman Intensifkan Sosialisasi Karhutla

Wartadetik.com, Aceh Timur – Banyaknya lahan kosong dan perkebunan masyarakat di Gampong Seunebok Teungoh menjadi perhatian khsusus Bhabinkamtibmas Polsek Darul Aman. sehingga pihaknya gencar melakukan sosialisasi bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada warga setempat, Minggu, (8/9).

Kapolsek Darul Aman AKP Simson Purba,  menyampaikan kepada masyarakat yang mempunyai lahan agar tidak membuka dengan cara membakar baik itu pertanian maupun perkebunan. Karena kebakaran lahan merupakan permasalahan yang menjadi atensi Kepolisian.

“Apalagi saat ini sudah mulai musim kemarau sehingga potensi terjadinya kebakaran lahan cukup tinggi. Kepolisian menilai penting untuk melakukan sosialisasi dan edukasi tentang larangan dan bahaya kebakaran lahan kepada masyarakat,” katanya.

Lebih rinci ia menuturkan bentuk dari sosialisasi itu dilakukan dengan menyampaikan langsung kepada warga, maupun pemasangan spanduk di lokasi yang strategis.

“Selain spanduk saya juga sudah perintahkan kepada Bhabinkamtibmas untuk bersama aparat unsur muspika setempat untuk mensosialisasikan bahaya dan ancaman hukuman bagi siapa saja yang kedapatan dengan sengaja melakukan pembakaran lahan,” tuturnya.

“Kami mengimbau kepada masyarakat  agar tidak melakukan pembakaran lahan karena dapat menyebabkan kerugian materil, korban nyawa dan gangguan kesehatan akibat asap kebakaran.” Pungkasnya (Rel)