PERISTIWA

Peduli Kemanusiaan, Wabup Aceh Utara dan Apdesi Serahkan Bantuan untuk Pengungsi Rohingya

Wartadetik.com, Lhokseumawe- Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf akrab disapa Sidom Peng menyerahkan bantuan kepada pengungsi Rohingya yang terdampar di perairan Aceh Utara beberapa waktu lalu. Para pengungsi itu kini ditampung sementara di bekas Kantor Imigrasi Kota Lhokseumawe, yang berada di Punteut, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe.

Penyerahan bantuan itu dilakukan Fauzi Yusuf bersama Forum Geuchik dan Pengurus Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Aceh Utara, di kantor tersebut, Senin 29 Juni 2020. Dalam kesempatan itu juga dihadiri Ketua Adepsi Aceh Utara, Abubakar beserta pengurus lainnya. Namun, bantuan serupa dalam kesempatan yang sama juga mengalir dari pihak Komite PeralihanAceh/Partai Aceh (KPA/PA) Wilayah Samudera Pase.

Fauzi Yusuf, kepada wartawan mengatakan, ini merupakan bentuk kepedulian bersama khususnya masyarakat kepada para pegungsi Rohingya yang terdampar ke wilayah Aceh Utara. Secara umum bantuan diserahkan itu berupa bahan pokok dan pakaian yang bisa digunakan pengungsi Rohingya yang ada di penampungan sementara ini.

“Untuk penanganan selanjutnya terhadap mereka, tentunya di sini ada Muspida baik Aceh Utara maupun Lhokseumawe. Kemungkinan besar ada dua titik yang direncanakan untuk dipindahkan para pengungsi Rohingya itu sementara waktu, antara Sheltel Blang Adoe (Aceh Utara) atau Balai Latihan Kerja (BLK) di Gampong Mee Kandang, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe,” kata Fauzi Yusuf.

Menurut Fauzi, untuk kesiapan Pemerintah Aceh Utara secara keseluruhan dengan kerja sama para geuchik, Apdesi dan tokoh masyarakat mudah-mudahan dapat secara bersama-sama memperhatikan kebutuhan apapun yang dibutuhkan pengungsi Rohingya tersebut.

“Dalam beberapa hari ke depan akan dilakukan peninjauan dari pihak Forkopimda baik Aceh Utara dan Lhokseumawe, di mana lokasi yang layak untuk penampungan pengungsi Rohingya,” ujar Fauzi Yusuf. (Iva)