DAERAH

MAN Lhokseumawe Seleksi Pelajar Ikut Lomba Kitab Kuning

Wartadetik.com, Lhokseumawe – Dalam rangka mengikuti “Lomba Kitab Kuning” yang akan dilaksanakan di IAIN Lhokseumawe pada 20 oktober  2019 mendatang. MAN 1 Kota Lhokseumawe membuka tahap seleksi kepada seluruh siswa dan siswi  guna untuk mengikuti lomba tersebut, namun disisi lain seleksi ini bertujuan untuk meningkatkan religiusitas pelajar.

 Seleksi lomba Kitab Kuning ini berlangsung di Mushalla MAN 1 Kota Lhokseumawe, yang dikuti oleh siswa/i  kelas I,II, III baik laki-laki maupun perempuan. Kegiatan ini diseleksi langsung oleh guru MAN 1 Kota Lhokseumawe, dengan mempertimbangkan 4 item penilaian seleksi bagi setiap peserta.

“Empat item tersebut berisikan yaitu, pertama bagaimana cara membaca kitab kuning yang baik dan benar, kedua makna dari isi kitab yang dibaca, ketiga syarahan/penjelasan dari isi kitab kuning, dan terakhir pertanyaan yang dipertanyakan kepada setiap peserta,” kata Wakil Kepala Sekolah MAN 1 Lhokseumawe, Salman.

Dalam kegiatan seleksi ini, sambungnya, dipilihlah satu orang terbaik yang akan mewakili MAN 1 Kota Lhokseumawe pada event lomba kitab kuning nantinya. Kegiatan seleksi ini memberikan dampak positif, salah satunya menumbuhkan nilai-nilai agama pada para pelajar.

“Kita berharap seleksi tersebut tidak hanya dilakukan demi kepentingan lomba saja, namun dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” imbuhnya.