DAERAH

MAN 1 Lhokseumawe Pilih OSIM Pakai E-PILKASIM 

Wartadetik.com, Lhokseumawe- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lhokseumawe memanfaatkan teknologi dalam penyelenggaraan Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Madrasah di sekolah tersebut, Rabu (9/10).

Teknologi tersebut yakni berbasis elektronik (E-Voting) yang lebih dikenal dengan sebutan E-PILKASIM (Pemilihan Ketua OSIM Madrasah berbasis Elektronik).

Wakil Kepala Sekolah MAN 1 Lhokseumawe, Salman mengatakan, tahun ini, pemilihan Ketua OSIM  menjadi suatu hal yang sangat luar biasa. Dimana setiap tahunnya, pemilihan yang dilaksanakan memakai kertas layaknya pemilihan Pemilu pada umumnya, namun kini menerapkan terobosan baru yaitu E-PILKSIM yang sangat mengedepankan transparansi dan dinilai mampu menghemat dan menekan penggunaan kertas.

“Pemilihan Ketua OSIM diikuti oleh seluruh siswa/i baik kelas X,XI,XII serta para dewan guru pun turut berpartisipasi dalam E-PILKSIM tersebut,” katanya.

Tak hanya siswa/i, sambungnya, bahkan gurupun merasa antusias dalam penggunaan sistem E-PILKSIM, karena sistem tersebut merupakan hal yang sangat menarik lantaran pemungutan suara dilakukan melalui internet dan suatu hal yang mudah dilakukan.

Penerapan E-PILKSIM secara tidak langsung telah mengajarkan pendidikan demokrasi kepada siswa/i mengenai pentingnya memanfaatkan teknologi sebagai bentuk kepedulian terhadap sosok pemimpin. Pemilihan ini dilakukan dengan tertib dan tenang, bahkan lebih hebat lagi tidak adanya kecurangan dan golput pada suara pemilihan Ketua OSIM.

“Harapannya adalah siapapun calon Ketua OSIM  periode 2019-2020 yang terpilih nantinya mampu mengharumkan nama MAN 1 Kota Lhokseumawe kedepannya,” imbuhnya.