NASIONAL

Mahasiswa Demo Kantor BPJS Kesehatan Lhokseumawe

Wartadetik.com, Lhokseumawe – Mahasiswa yang tergabung dalam Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) melakukan aksi damai di depan Kantor BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe, Kamis (12/9). Aksi itu bertujuan untuk menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan karena dianggap bentuk penindasan terhadap masyarakat.

Koordinator Aksi, Mauludi Alfata mengatakan, pihaknya mendesak dan  menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan, serta meminta kesetaraan pelayanan, audit keungan BPJSK, dan hapuskan komersialisasi di intansi kesehatan serta control terhadap penyelenggara BPJS.

“Pemerintah daerah harus menolak kenaikan iuaran BPJS Kesehatan kareba ini adalah salah satu bentuk penindasan terhadap masyarakat kelas bawah di tengah masalah ekonomi yang semakin tidak stabil dan melanggar hak dasar warga Negara untuk mendapatkan kesehatan yang layak.” Katanya.

Tambahnya, Masalah lain yang timbul dari BPJS Kesehatan, sebagai penyelenggara yang terus mengalami devisit walaupun pertahun anggaran semakin bertambah dalam hal ini Pemerintah harus mengaudit dan mengevaluasi.

“pelayanan yang menjadi urat nadi kesejahteraan masyarakat harus disetarakan jangan terjadi perbedaan antara PBI dan non PBI karena pada dasarnya akan bertentangan dengan falsafah Negara pancasila khususnya sila ke lima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

 Dan disini peran Negara harus benar-benar hadir untuk mewujudkan kehidupan yang layak,” imbuhnya.