NASIONAL

Kodim 0103 Aceh Utara Bantu Petani di Sawang

WartaDetik.com, Aceh Utara – Dalam rangka mensukseskan program Pemerintah tentang Swasembada Pangan, Prajurit Kodim 0103 Aceh Utara membantu petani mencabut dan memindahkan bibit padi yang siap untuk ditanam. Kegiatan itu dilakukan sebagai wujud nyata TNI dalam mewujudkan swasembada pangan dan pencapaian target realisasi Serapan Gabah Petani (Sergap) produksi tahun 2019 di wilayah Kodim 0103/Aut..

Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Inf Agung Sukoco SH melalui Koramil 19/Sawang, Aceh Utara, Serda Irhamna menyebutkan, kegiatan pendampingan yang dilakukan Babinsa mulai dari kegiatan penyuluhan, bercocok tanam sampai panen sebagai bentuk pendekatan emosional terhadap masyarakat binaannya, salah satunya mencabut dan memindahkan bibit padi yang siap untuk di tanam dilakukan di Desa Sawang, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Minggu (30/6/2019)

“Kita akan terus membantu petani di desa binaannya masing-masing. Seperti saat ini, kami ikut terjun ke sawah dalam membantu para petani untuk mengumpulkan bibit padi yang siap untuk ditanami,” ucapnya.

Tambah Letkol Inf Agung Sukoco SH, untuk menambah produktivitas panen padi kali ini, pihaknya telah mengimbau para petani untuk mengupayakan percepatan masa persiapan tanam. Dengan mengerahkan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang ada dan perluasan lahan sawah, sehingga target produksi padi tercapai maksimal.

“Untuk menunjang ketahanan pangan nasional, kami terus imbau kepada para petani agar diupayakan percepatan masa persiapan tanam,” imbuhnya.

Selain itu, dilokasi berbeda Babinsa Koramil 21/Pbk Kodim 0103/Aut Kopda Nazar juga ikut membantu pembersihan areal tanaman cabe di Desa. Leuhong Kec. Paya Bakong Kabupaten Aceh Utara. Kegiatan ini disambut baik oleh petani, hal ini terlihat dari antusias petani saat pembersihan rumput dan menyulami tanaman Cabe yang tidak tumbuh.

Komandan Kodim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto melalui Danramil 24/Nibong Kapten Inf A. Mansyur mengatakan kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa mulai dari kegiatan penyuluhan, bercocok tanam sampai panen merupakan sebagai bentuk pendekatan emosional terhadap masyarakat binaannya dan untuk memperlancar kerjasama dengan para petani yang bertujuan meningkatkan program swasembada pangan yang ditargetkan Pemerintah. [zyr]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *