DAERAH

Kawasan Aceh Utara Terselimuti Kabut Asap

Wartadetik.com, Lhokseumawe – Sebagian wilayah Aceh khususnya Kabupaten Aceh Utara saat ini diselimuti kabut asap. Hal itu sesuai hasil pantauan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Malikussaleh, Minggu (8/9).

Prakirawan BMKG Malikussaleh, Winda R Taranita, mengatakan, akibat kabut asap yang menyelimuti kawasan itu menyebabkan jarak pandang mendatar/horizontal teramati saat ini sekitar 4000 meter dan jarak pandang vertikal ke atas sekitar 700 meter.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang tinggal daerah setempat untuk berhati-hati dalam berkendaraan, seiring potensi menurunnya jarak pandang.

“Jadi, berdasarkan informasi dari titik api, kabut asap itu merupakan kiriman dari Riau, Pekanbaru. Dan hal ini dapat menyebabkan kegiatan penerbangan cukup mengganggu mengingat jarak pandang horizontal dan vertikal yang cukup pendek,” katanya.

Sambungnya, dalam hal ini pihaknya mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam berkendaraan, seiring potensi menurunnya jarak pandang. Dan juga menganjurkan untuk menggunakan masker ketika melaksanakan aktifitas di luar ruangan, serta banyak minum air saat beraktifitas di luar rumah untuk menjaga kesehatan. (AA)