INTERNASIONAL

Kapal Dagang Korut Langgar Perbatasan

Wartadetik.com, Seoul – Militer Korea Selatan (Korsel) melepas tembakan peringatan ke arah sebuah kapal dagang berbendera Korea Utara (Korut). Tembakan peringatan itu dimaksudkan untuk mengusir kapal Korut yang dianggap melanggar perbatasan laut di sebelah barat yang menjadi sengketa.

Seperti dilansir Associated Press dan Channel News Asia, Rabu (27/11/2019), kantor Kepala Staf Gabungan Korsel dalam pernyataannya mengungkapkan keyakinan bahwa kapal dagang Korut itu telah melanggar perbatasan laut karena cuaca buruk dan gangguan mesin. Tidak ada laporan soal tembakan lainnya.

Disebutkan kantor Kepala Staf Gabungan Korsel bahwa kapal Korut itu terdeteksi melanggar perbatasan laut pada Rabu (27/11) pagi, sekitar pukul 06.40 waktu setempat, tepatnya di dekat pantai barat pulau perbatasan Korsel.

Militer Korsel mengeluarkan peringatan dan melepas beberapa tembakan ke arah lautan di dekat kapal Korut itu untuk mengusirnya.

“Sejauh ini, kami mengonfirmasi bahwa kapal itu bergerak ke area itu karena cuaca buruk dan gangguan mesin, dan saat ini sedang dalam perjalanan kembali ke Korut,” demikian pernyataan kantor Kepala Staf Gabungan Korsel.

Insiden semacam ini merupakan kedua kalinya Korsel melepas tembakan peringatan untuk mengusir kapal Korut sejak pemerintahan liberal Korsel yang dipimpin Presiden Moon Jae-In berkuasa tahun 2017 lalu. Insiden pertama terjadi pada September lalu.

Sumber : Detik.com