NASIONAL

Inkubator Bisnis UNIMAL Magang ke Finlandia

BANDA ACEH –  Pengelola Inkubator Bisnis Universitas Malikussaleh (Unimal) bersama 19 Pengelola Inkubator Bisnis dari seluruh Indonesia berkesempatan magang internasional di Finlandia (Finland Internship Training) dari tanggal 21 sampai 26 Oktober 2019 mendatang.

Kesempatan tersebut merupakan Hibah Fasilitasi Pengembangan Kelembagaan Inkubator Bisnis 2019 dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Magang internasional di Finlandia tersebut didampingi oleh beberapa pejabat dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI). Dengan demikian rombongan yang berangkat ke Finlandia berjumlah 23 orang. Dimana dari Inkubator Bisnis Unimal dihadiri oleh Ketua Inovasi dan Inkubator Bisnis, Dr Ibrahim Qamarius.

“Di Finlandia, para pengelola inkubator bisnis dan pendamping akan melakukan kunjungan ke beberapa Inkubator Bisnis dan Science Technopark yang ada di Finlandia. Selain itu akan melakukan serangkai pertemuan bisnis dengan pengusaha dan investor di Finlandia,” kata Pembina Inkubator Bisnis Universitas Malikussaleh Ibrahim Qamarius  yang saat ini berada Helsinki, Finlandia kepada AJNN melalui telepon seluler, Senin (21/10).

Sambung IQ sapaan dekat Ibrahim Qamarius , selama enam hari di Finlandia, rombongan dari Indonesia itu akan mengunjungi Business Finland, mengunjungi Helsinki Business and Science Park (science park and incubator), mengunjungi Business Jyväskylä/Central Finland Chamber of Commerce (government institution), mengunjungi Startup Lab – University of Jyväskylä/JAMK Startup Generator – Jyväskylä University, menghadiri Kasvu Open Karnevaali (startup event /startup visit case 1 dan case 2).

Mengunjungi Jyväskylä Business Innovation Factory (startup community), mengunjungi Bio Energy Park (energy park and incubator), melakukan beberapa diskusi interaktif yang difasilitasi oleh Findolainen Business Hub Ltd (Business Management Consulting).

“Finland Internship Training tersebut merupakan salah satu kegiatan dan kegiatan terakhir dari kegiatan Hibah Fasilitasi Pengembangan Kelembagaan Inkubator Bisnis dari Direktorat Kawasan Sains dan Teknologi dan Lembaga Penunjang Lainnya.

Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Tinggi, Kemenristekdikti, tahun 2019. Dimana dari hibah 300 juta tersebut telah dilakukan beberapa kegiatan dan workshop di beberapa kota seperti Surabaya, Semarang, Palembang, Jakarta, Denpasar,” jelasnya.

Selain itu, tambahnya, telah dilakukan pendampingan intensif, Focus Group Discussion (FGD), Business Matching dan beberapa kegiatan lainnya. Dimana dari kegiatan tersebut, telah melahirkan output antara lain Penyusunan Action Plan dan Business Plan Inkubator Bisnis, membuat Business Model Canvas (BMC), menyusun 12 Standard Operating Procedure (SOP), Penyusunan Proposal Tenant.