PERISTIWA

Hari Pertama Masuk Sekolah, SMP Negeri 1 Tanah Luas Sampaikan untuk Siswa Dianjurkan Belajar di Rumah

Wartadetik.com, Aceh Utara- Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, menganjurkan para peserta didik baru untuk belajar secara daring atau sistem online. Penerapan itu disampaikan pihak sekolah tersebut saat digelar apel pagi hari pertama masuk sekolah Tahun Akademik 2020/2021, Senin 13 Juli 2020.

Hal itu berdasarkan surat edaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, bahwa pada 13 Juli 2020 merupakan hari pertama masuk sekolah Tahun Akademik 2020/2021 untuk semua tingkatan.

Untuk itu, saat hari pertama masuk sekolah pihak SMP Negeri 1 Tanah Luas melakukan penerapan sesuai protokol kesehatan pencegahan covid-19 untuk siswa maupun dewan guru yang hendak masuk. Mulanya, sebelum mereka memasuki ke halaman sekolah, para siswa dan guru terlebih dahulu diperiksa suhu tubuh di gerbang pintu sekolah tersebut. Setelah itu, petugas mengarahkan mereka untuk mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan berupa wastafel berukuran besar. Lalu, siswa diarahkan dewan guru untuk berbaris di lapangan halaman sekolah dengan jaga jarak, serta dibagikan masker untuk kepada para pelajar tersebut.

Kepala SMP Negeri 1 Tanah Luas, M. Ali, S.Pd.I.,M.Pd, mengatakan, pada saat dilakukan apel pagi pihaknya menyampaikan kepada peserta didik baru bahwa proses pembelajaran masih dilakukan secara daring atau sistem online. Pihak sekolah melakukan pengenalan pertama kepada siswa kelas I, dan sekaligus diberikan arahan bahwa mereka dianjurkan untuk belajar daring di rumah dengan caranya bisa diajarkan oleh dewan guru.

M. Ali menambahkan, penerapan tersebut berdasarkan aturan bersama empat menteri, yaitu Kementeri Dalam Negeri, Kemendikbud, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Agama. Namun, kata dia, bagi siswa yang tidak menggunakan handphone android, mereka diserahkan buku kepada siswa untuk belajar di rumah dan diberikan tugas yang nantinya dikumpulkan sesuai soal-soal yang ada di dalam buku dimaksud.

“Untuk para siswa kelas I, mereka disuruh kembali lagi ke sekolah pada hari Rabu 15 Juli. Tujuannya untuk diajarkan metode ataupun aplikasi daring belajar di rumah. Sedangkan bagi siswa kelas II dan III, itu sudah diajarkan proses belajar daring pada Maret 2020, maka ketika pengenalan siswa baru itu mengizinkan mereka untuk meninggalkan lokasi sekolah, karena tidak dilakukan belajar secara tatap muka,” ujar M. Ali.

Untuk diketahui, dua sebelum masuk sekolah bahwa pihak Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tanah Luas, Aceh Utara, bekerja sama dengan Polsek Tanah Luas dan Koramil 10 Tanah Luas dibawah jajaran Kodim 0103 Aceh Utara melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan sekolah tersebut, Sabtu 11 Juli 2020.

Kapolres Aceh Utara, AKBP Tri Hadiyanto melalui Kapolsek Tanah Luas, Ipda Yose Rizaldi, menyebutkan, pihaknya sangat mendukung terhadap kebijakan kepala sekolah (SMP Negeri 1 Tanah Luas) tersebut, yang berinisiatif melakukan penyemprotan disinfentan di lingkungan sekolah.

“Kita (Polsek) bersama Koramil 10 Tanah Luas membantu 5.000 liter air atau cairan disinfektan daripada kegiatan tersebut. Selain penyemprotan disinfektan, kita juga melakukan pembersihan halaman sekolah dan mensterilkan semuanya,” ungkap Yose Rizaldi.

Namun demikian, lanjut Yose Rizaldi, pihaknya ke depan akan berkoordinasi dengan sekolah-sekolah lain untuk kegiatan serupa, ini merupakan sebagai contoh supaya dapat dilaksanakan nantinya. (Iva)