DAERAH

Hardikda ke-60, Wabup Aceh Utara Pimpin Upacara

Wartadetik.com, Aceh Utara – Memperingati Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) Aceh ke-60, Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf pimpin upacara yang berlangsung di lapangan upacara Lhoksukon, Selasa, 3/ 9/2019. Kegiatan diawali dengan pengibaran bendera merah putih.

Turut dihadiri dalam upacara ini Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkyan Milyardin, para pejabat Forkopimda, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPK, Kabag dan Camat, para Kepala Sekolah, guru dan siswa, serta insan pendidikan lainnya.

Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf dalam sambutan tertulis Plt Gubernur Aceh membacakan bahwa Hari Pendidikan Aceh yang diperingati setiap tahun bukanlah hanya sekadar seremoni yang diwarnai dengan upacara belaka.

“Hari pendidikan ini haruslah menjadi momentum untuk mengevaluasi diri, sejauh mana pencapaian pendidikan yang kita raih selama ini,” ungkapnya.

Dikatakan, momentum Hari Pendidikan Aceh hendaknya dapat memperkuat tekad untuk dapat melahirkan generasi muda Aceh yang cakap, religius, kreatif, inovatif, inventif, pekerja keras, berdaya saing tinggi, serta memiliki karakter keacehan yang kental. “Dengan generasi muda yang berkualitas, insya Allah kita akan mampu membawa perubahan menuju ‘Aceh Hebat’ di masa mendatang,” tegasnya.

Fauzi juga menyebutkan saat ini prestasi pendidikan di Provinsi Aceh semakin membaik jika dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Prestasi pendidikan Aceh sekarang berada di urutan 27 dari 34 provinsi di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras pemerintah daerah di masing masing kabupaten/kota di Provinsi Aceh, termasuk para kepala dinas terkait, kepala sekolah, dan pendidik.

Sejumlah prestasi di bidang pendidikan yang pernah dicapai sehingga Aceh berhasil menaikkan peringkat pendidikan di tingkat nasional, di antaranya perolehan nilai tertinggi hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA, SMK, dan MA, di mana ada 31 orang siswa meraih nilai 100, jauh meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 3 orang siswa.

Selain itu, Provinsi Aceh juga berhasil merebut enam gelar juara tingkat nasional pada even apresiasi guru dan tenaga kependidikan (GTK) PAUD dan Dikmas, dan memperoleh ranking 5 besar secara nasional.

Masih pada tahun yang sama, sejumlah siswa SMA Aceh juga memperoleh enam medali di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan empat medali dipersembahkan oleh siswa SMK di ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat nasional.

Sebelumnya pada tahun 2018 Dinas Pendidikan Aceh mengirim 10 siswa SMK Penerbangan Aceh untuk menjalani program magang di pabrik pesawat terbang Boeing di Everett Community College di Seattle, Washington, Amerika Serikat.

“Ini merupakan modal awal untuk mengembangkan lebih jauh sektor kedirgantaraan Aceh suatu saat nanti,” kata Wabup Fazi Yusuf dalam amanat tersebut.

Sekaitan dengan momen memperingati Hardikda Aceh ke-60, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara sebelumnya telah menggelar turnamen sepak bola antar K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah). Kegiatan ini diikuti oleh 16 klub K3S se-Aceh Utara berlangsung di lapangan Keude Bayu, Aceh Utara.

“Klub dari K3S Tanah Jambo Aye berhasil membawa pulang piala Hardikda ke – 60 tahun 2019 setelah mengalahkan kesebelasan Dinas Pendidikan Aceh Utara 2 – 0, pada hari ini kita serahkan tropi untuk para pemenang turnamen ini,” kata Saifullah, MPd, Kepala Dinas dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara.[]