DAERAH

Harapan Tokoh Muda Lhokseumawe Kepada Dewan Baru

Wartadetik.com, Lhokseumawe– Tokoh muda di Kota Lhokseumawe meminta kepada DPRK setempat yang baru selesai dilantik agar benar-benar menjalankan fungsinya untuk mewakili rakyat. Karena, selama ini, kepercayaan masyarakat terhada dewan sudah turun drastic.

“Selama ini kepercayaan masyarakat terhadap anggota dewan sudah turun drastis karena sebagian dari mereka tidak amanah,” kata Tokoh Muda Lhokseumawe, Teuku Fazil Mutasar.

Sambungnya, ada sejumlah hal yang membuat kepercayaan masyarakat menurun, yakni, anggota dewan dianggap tidak lagi mampu menyuarakan suara rakyat, kemudian dewan di pusat maupun di daerah banyak yang diduga terlibat politik uang atau suap menyuap.

“Politik uang bahkan bisa terjadi bukan hanya ketika mereka hendak mencalonkan diri sebagai calon anggota dewan, tetapi juga ketika mereka sudah resmi ditetapkan menjadi anggota dewan,” ungkapnya.

Tambahnya, jika ada orang yang membeli suara, lalu perbuatan itu membuatnya resmi terpilih jadi anggota dewan, maka artinya ia sudah curang sejak awal. Dengan adanya aksi suap untuk ‘membeli’ jatah kursi anggota dewan, dikhawatirkan banyak anggota dewan yang menerima uang untuk memanipulasi aspirasi rakyat nantinya.

“Seperti yang terjadi pada hari ini, ada anggota dewan yang ditangkap KPK. Hal itu tentu menunjukkan integritas anggota dewan tersebut rendah. Bagi mereka yang sudah dilantik, saya menyarankan supaya mereka memulai dengan Bismillah.

Berharap mereka akan memperjuangkan aspirasi rakyat Kota Lhokseumawe dengan sebaik-baiknya. Hal tersebut harus dilakukan agar fungsi-fungsi kelembagaan di negara ini bisa berjalan baik,” ujarnya. (Rel)