PERISTIWA

Fauzi Yusuf dan Kelompok Tani Agung Jaya Lakukan Panen Jagung Perdana di Sawang

Wartadetik.com, Aceh Utara-
Kelompok Tani Agung Jaya di Gampong Lhok Kuyuen Kecamatan Sawang, Aceh Utara melakukan panen perdana tanaman jagung yang dihadiri Wakil Bupati Aceh Utara, Fauzi Yusuf akrab disapa Sidom Peng, Selasa, 11 Agustus 2020.

Pelaksanaan panen perdana jagung hibrida tersebut dilakukan atas inisiatif para petani, yang tergabung dalam Poktan Agung Jaya untuk memberikan motivasi bagi para petani lainnya di Kecamatan Sawang. Untuk luas area tanaman jagung yang dipanen itu mencapai 8 hektare, penanaman dilakukan sekitar empat bulan lalu atau sejak mulai mewabahnya pandemi covid-19.

Fauzi Yusuf mengatakan, penanaman jagung hibrida oleh Poktan Agung Jaya merupakan bagian dari program ketahanan pangan akibat pandemi covid-19. Alhamdulillah, pihaknya sudah bekerjasama dengan pihak ketiga, yaitu pengusaha jagung untuk dapat menampung hasil panen. Jadi, harga jagung tetap normal, tidak ada kerugian pada pihak petani.

“Pemkab Aceh Utara sangat mengapresiasi Poktan Agung Jaya yang telah mengembangkan tanaman jagung hibrida. Kita berharap ke depan agar lahan-lahan kosong yang ada di Kecamatan Sawang bisa dimanfaatkan untuk penanaman jagung. Kemudian, ke depan juga direncanakan di seluruh tanah replanting kelapa sawit di Kabupaten Aceh Utara yang luasnya sekitar 2.000 hektare akan ditanami jagung, anggarannya bersumber dari APBA maupun APBN,” ungkap Fauzi Yusuf.

Fauzi mengharapkan semua pihak agar mendukung dan mensupport kegiatan program ketahanan pangan melalui penanaman jagung hibrida. Khususnya kepada penyuluh pertanian dan mantri tani diharapkan bekerja ekstra di lapangan dalam memberikan pendampingan kepada para petani.

“Apabila perlu kita kirim penyuluh-penyuluh kita untuk belajar lebih dalam dengan pengusaha jagung. Program penanaman jagung di Aceh Utara merupakan bagian dari program ketahanan pangan terkait dengan pandemi covid-19, telah dimulai sejak awal tahun 2020. Bahkan sebagian besar anggaran untuk program ini merupakan bantuan pemerintah, baik pengadaan benih jagung, pupuk dan obat-obatan anti hama,” ujar Fauzi akrab disapa Sidom Peng.

“Kita harapkan bantuan ini dapat menjadi sumber ekonomi para petani di Sawang. Untuk itu juga diharapkan agar dapat dilanjutkan secara kontinu, jangan berhenti hanya sekali panen saja,” kata Fauzi Yusuf.

Dalam kegiatan panen perdana di Gampong Lhok Kuyuen Kecamatan Sawang, Wakil Bupati Fauzi Yusuf turut didampingi para pejabat dari Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara, Muspika Sawang, serta tokoh masyarakat setempat. (Iva)