DAERAH

BPBD Aceh Utara Gelar Simulasi Hadapi Bencana

Wartadetik.com, Aceh Utara – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara menggelar pelatihan serta sosialisasi simulasi menghadapi bencana s di Gedung Serbaguna BPBD Aceh Utara.

Adapun materi yang disampaikan pada hari pertama, Senin (24/09) oleh Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara,  Amir Hamzah yakni tentang peran dan fungsi BPBD, lalu, Sekretaris BPBD Kabupaten Aceh Utara Murzani memberikan meteri tentang peran serta masyarakat dalam penanggulangan bencana.

Ketua SAR Kabupaten Aceh Utara Hasbullah Ali, ST menyampaikan materi Metode Evakuasi Cepat, dilanjutkan materi tentang tentang Konsep Mitigasi Bencana oleh Kepala Seksi (Kasi) Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Aceh Utara Mulyadi S.Kep, M.Kes.

Dihari kedua, Selasa Selasa (24/09/2019) pemaparan dengan topik Prosedur penyaluran dan buka dapur umum disampaikan pemateri dari Dinas Sosial dan Mobilitas Penduduk Kabupaten Aceh Utara Amiruddin.

Selain itu narasumber lain, Kabag Ops Polres Aceh Utara AKP Sukrif I Panigoro SIK mewakili Kapolres menyampaikan materi pengamanan saat bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Utara, Drs. Amir Hamzah diwakili oleh Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Alfian, S.Sos, Selasa (24/09/2019) mengatakan pelaksanaan pelatihan dan sosialisasi simulasi oleh BPBD Aceh Utara ini dimaksudkan melatih kesiapsiagaan peserta, apabila sewaktu-waktu terjadi bencana.

“Kegiatan ini dilgelar untuk penguatan pra dan pasca bencana yang diikuti 40 peserta dari empat kecamatan dalam wilayah daerah Malikussaleh, karena termasuk daerah rawan banjir.

Mereka berasal dari Kecamatan Pirak Timu, Matangkuli, Lhoksukon dan Paya Bakong. Diharapkan peserta yang sudah mendapatkan ilmu tanggap bencana, bisa menjadi mitra BPBD Aceh Utara dan terdepan saat terjadi bencana sebelum tim BPBD sampai dilokasi musibah bencana alam,” kata Alfian.