NASIONAL

Blangko e-KTP Kosong di Disdukcapil Aceh Utara

Wartadetik.com, Aceh Utara – Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik di Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Utara kosong.

Pelaksana Tugas (Plt) Disdukcapil Aceh Utara mengatakan, kekosongan tersebut mulai terjadi semenjak empat bulan yang lalu yakni dari Juni 2019. Meskipun demikian perekaman e-KTP tetap berlangsung dan akan diberikan surat keterangan (Suket) yang fungsinya akan sama dengan KTP.

“Setiap warga yang sudah merekam kita berikan surat keterangan (Suket), dan jika blangkonya nanti tersedia maka dapat segera ditukar,” katanya, Sabtu (7/9).

Sambungnya, meskipun blangko tidak tersedia, namun sudah seribu lebih masyarakat yang merekam datanya, sementara informasi yang didapati dari Dinas Registrasi Kependudukan Aceh, kalau Blangko E-KTP sementara waktu di Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementrian dalam negeri saat ini juga sedang kosong.

“Hingga kini, belum ada informasi kapan ini akan disalurkan, namun demikian bagi masyarakat yang ingin merekam tindak ada kendala.

Karena perekaman tetap berlanjut dan nanti akan diberikan surat keterangan sementara E-KTP yang fungsinya akan sama,” pungkasnya.