NASIONAL

BKSDA Selamatkan Beruang Madu Terjerat Perangkap Babi

Wartadetik.com, Bener Meriah – Se ekor satwa liar yang dilindungi Beruang Madu (Helarctos malayanus) diselamatkan oleh Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA)  Aceh  dan PKSL Fakultas Hukum Unsyiah.

Hewan berusia lima tahun tersebut terjerat perangkap babi di Negeri Antara, KM 41, Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah.

“Kami lakukan evakuasi Senin (2/9) kemarin, binatang itu ditemukan dalam kondisi terperangkap, akibat terkena jeratan babi,” kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah 1 Lhokseumawe, Kamaruzzaman melalui Staf Choirunnisa, Selasa (3/9).

Adapun kronologis awal, smabungnya, bermula informasi dari Babinkamtibmas dikawasan tersebut terkait adanya Beruang Madu yang terkena jerat babi di area perkebunan masyarakat di dusun tersebut. Setelah mendapatkan informasi tersebut pihaknya langsung melakukan evakuasi terhadap beruang madu tersebut yang diperkirakan lebih kurang usinya lima tahun.

“Untuk berat badannya diperkirakan 45 kilogram dan kondisi beruang madu yang berjenis kelamin betina tersebut tidak dijumpai adanya luka pada Beruang Madu tersebut dan kondisi Beruang Madu layak untuk dilepasliarkan.

Saat ini beruang tersebut sudah dilepasliarkan kembali kembali di sekitar area CRU DAS Peusangan,” pungkasnya. (AA)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *