DAERAH

Ayo Tukar Uang Lusuh di Kas Keliling BI Lhokseumawe

Wartadetik.com, Lhokseumawe – Bagi anda warga yang tinggal di Kota Lhokseumawe namun menyimpan uang lusuh dan sudah menumpuk di rumah sehingga tidak layak lagi untuk melakukan transaksi, kini bisa ditukar melalui mobil Kas Keliling Bank Indonesia Kantor Perwakilan Cabang Lhokseumawe.

Kepala Perwakilan BI Lhokseumawe Yufrizal, mengatakan, uang lusuh dan tak layak transaksi yang dimaksud berupa, kondisi uang yang sudah dekil, banyak coretan, lipatan serta sobek. Untuk itu, Bank Indonesia melakukan penarikan uang dengan kondisi tak layak edar/lusuh melalui kegiatan kas keliling kepada masyarakat.

“Untuk melayani penukaran tersebut, kami telah menyiapkan uang tunai baru kepada masyarakat yang akan menukarkannya untuk semua pecahan. Setiap minggu kita beroperasi minimal dua kali, ya tentunya untuk menjalankan serta tercapainya clean money policy,” ungkapnya.

Sambungnya, selain mempercepat penarikan uang lusuh, perlunya kesadaran masyarakat dalam memperlakukan uang seperti, jangan diremas, jangan dibasahi, jangan dilipat, jangan dicoret dan jangan distapler.

“Dalam hal ini, kami telah menjalin sinergi dengan pemerintah daerah dan instansi terkait, untuk mengedukasi kepada masyarakat tentang cara merawat uang agar tidak mudah lusuh, tambahnya,” ungkapnya.

Yufrizal menyebutkan, kegiatan penarikan uang lusuh di masyarakat melalui kas keliling Bank Indonesia akan lebih intens pada beberapa bulan kedepan sampai dengan akhir tahun di seputaran  Kota Lhokseumawe bahkan pelosok daerah terpencil. Diharapkan masyarakat dapat mengunakan dan memanfaatkan kesempatan ini,” pungkasnya