DAERAH

Aceh Malaka Siap Perjuangkan Pemekaran Daerah di Jakarta

KRUENG GEUKUEH – Masyarakat bersama panitia Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Aceh Malaka siap memperjuangkan pemekaran daerah bersama CDOB lainnya di Jakarta dalam waktu dekat ini.

Keseriusan perjuangan Aceh Malaka agar pemerintah membuka kran pemekaran tersebut diputuskan dalam rapat koordinasi dilakukan kemarin, Sabtu (12/10/2019) malam di Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara.

Dalam rapat koordinasi tersebut hadir beberapa anggota dewan, di antaranya anggota DPR Aceh Muslim Syamsuddin, ST MT serta anggota DPRK Aceh Utara, Jufri Sulaiman, Saifuddin, Al-Ghazali, dan Khairuddin. Mereka adalah anggota legislatif dari wilayah barat Aceh Utara atau calon wilayah Kabupaten Aceh Malaka.

Selain itu, hadir guru besar Ekonomi Unimal, Prof A Hadi Arifin MSi selaku ketua panitia dan dosen Pertanian Unimal Dr Ismadi SP, MSi, selaku ketua penyusun naskah akademik. Hadir juga, penggurus sayap organisasi seperti Gerakan Pemuda Pemekaran Aceh Malaka (GP-PAM), Asosiasi Pegawai Aceh Malaka (APAM), Ikatan Mahasiswa Aceh Malaka (IMAM), dan Forum Perempuan Pemekaran Aceh Malaka (FP-PAM).

Prof Hadi, M. Si mengatakan bahwa perjuangan Aceh Malaka di tingkat daerah sudah mendapatkan rekomendasi baik itu DPRK, Bupati, DPRA maupun Gubernur.

“Kini, proses pemekaran Aceh Malaka hanya sudah sampai ke Jakarta setelah mendapatkan dua rekomendasi terakhir dari DPR Aceh dan Gubernur Aceh pada Juli lalu. Sementara ke tingkat Pusat, sudah terdaftar di Dirjen Otonomi Daerah (Otda) pada Kemendagri pada 27 April 2017,” Jelas ketua panitia pemekaran itu.

Sementara dalam rapat koordinasi malam kemarin menindaklanjuti undangan dari Forum Komunikasi Nasional (Forkornas) memutuskan akan mengirim lima delegasi untuk mengikuti rapat nasional pada 11 November 2019 di Jakarta. Setelah rapat tersebut dilanjutkan audiensi ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Zulfadhli atau sering di sapa (Bang Adek) mengatakan, pertemuan ini sangat penting dilakukan sebagai persiapan menghadiri Forkornas. Selain menghadiri Forkonas, panitia juga akan bertemu dengan Anggota DPR RI asal Aceh dan sejumlah tokoh Aceh lainnya.

“Dalam rapat Forkonas ada hal yang akan dibahas untuk perwujudan pemekaran. Sebelumnya kita telah memberikan mandat kepada Ade Oscar, SH sebagai perwakilan menyangkut proses hukum pemekaran,” ujar Adek sebagai bendahara CDOB Aceh Malaka.

Sementara salah seorang anggota DPRK dari Partai Gerindra, Jufri Sulaiman menyebutkan pihaknya sepenuhnya mendukung langkah yang akan ditempuh ke depan, seperti berangkat ke Jakarta.

“Kita dapat menambah kekuatan kepanitiaan dengan melibatkan seluruh stakeholder kepanitiaan dari unsur PNS dan para guru, kepala desa. Kita juga harus mengadakan pertemuan dengan mereka, termasuk anggota dewan,” ucap mantan Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Utara itu.

Hal senada juga disampaikan anggota dewan lainnya, Khairuddin. “Perjuangan pemekaran Aceh Malaka harus menyentuh masyarakat di gampong-gampong sehingga masyarakat merasa memiliki dan berhak memperjuangkan pemekaran ini serta berempati terhadap pemekaran,” katanya.[]