OLAHRAGA

60 Pendekar Muda Aceh Utara Ikut Pencak Silat IPSI Aceh

Wartadetik.com Aceh Utara – Sebanyak 160 pendekar muda yang merupakan para jawara pencak silat dari 20 kabupaten/kota se-Aceh mengikuti kegiatan Kejuaraan Daerah (Kejurda) yang digelar oleh Pengurus Daerah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Aceh.

Kegiatan itu dibuka oleh Wakil Bupati yang juga Ketua KONI Kabupaten Aceh Utara, Fauzi Yusuf, pada Senin, 7 Oktober 2019, di aula Hotel Lido Graha Lhokseumawe dan akan berlangsung hingga 10 Oktober 2019.

“Kitasangat mengapresiasi KONI dan IPSI Aceh yang telah berinisiatif menyelenggarakan Kejurda tersebut di Lhokseumawe. Apalagi kegiatan itu diikuti oleh ratusan atlet yang datang dari berbagai kabupaten/kota di Aceh,” kata Fauzi Yusuf.

Lebih lanjut, Fauzi Yusuf mengatakan, atas nama KONI Aceh Utara mengharapkan agar para peserta yang keluar sebagai jawara pada olahraga bela diri ini, nantinya dapat terus berlatih dan memperdalam skill dalam bertanding, sehingga ketika bertanding ke even regional dan even nasional bisa membawa harum nama Provinsi Aceh.

“Kepada seluruh atlet kita berharap agar bisa tampil maksimal, sehingga bisa menjuarai Kejurda ini, nantinya dapat maju ke tingkat nasional dan internasional. Kami juga mengucapkan selamat bertanding dan junjung tinggi sportifitas,” harapnya.

Kepada para wasit, Fauzi juga menyampaikan agar bersikap profesional, sehingga pelaksanaan even Kejurda pencak silat tingkat remaja se-Aceh ini benar-benar dapat mencetak atlet-atlet yang handal pada masa mendatang.

“Pemerintah Daerah bersama KONI terus berupaya mendongkrak prestasi olahraga, terutama melalui pembinaan-pembinaan yang berkesinambungan, baik melalui latihan-latihan maupun even kejuaraan seperti yang dilaksanakan IPSI Aceh,” imbuhnya.

Panitia Pelaksana Kejurda pencak silat tingkat remaja se-Aceh tahun 2019, Maimun, sebelumnya melaporkan bahwa kegiatan itu mempertandingkan lima kelas. Masing-masing Kelas A untuk peserta dengan berat badan 39 – 43 Kg, Kelas B di atas 43 – 47 Kg, Kelas C di atas 47 – 51 Kg, Kelas D di atas 51 – 55 Kg, dan Kelas E di atas 55 – 59 Kg.

Kegiatan ini diikuti 160 peserta dari 20 kabupaten/kota. “Tiga daerah yang tidak mengirim peserta adalah Kota Sabang, Aceh Besar, dan Kota Banda Aceh. Diharapkan melalui Kejurda ini dapat mempersiapkan atlet-atlet terbaik daerah menuju POPDA Aceh yang akan berlangsung di Meulaboh tidak lama lagi,” jelas Maimun.