PERISTIWA

13 Juli 2020 Masuk Sekolah, SMP Negeri 1 dan Polsek Tanah Luas Lakukan Penyemprotan Disinfektan

 

Wartadetik.com, Aceh Utara-
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI telah menetapkan hari pertama tahun ajaran baru mulai 13 Juli 2020. Namun, walaupun ditetapkan masuk sekolah tanggal 13 Juli, tidak semua sekolah dibolehkan buka atau gelar tatap muka. Tidak diperbolehkannya semua sekolah untuk menggelar tatap muka lantaran menghindari penularan dan klaster baru dari covid-19.

Daerah yang diperbolehkan untuk tatap muka adalah zona hijau atau yang tidak terdampak covid-19.

Untuk persiapan tersebut, pihak
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tanah Luas, Aceh Utara, bekerja sama dengan Polsek Tanah Luas dan Koramil 10 Tanah Luas dibawah jajaran Kodim 0103 Aceh Utara melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan sekolah tersebut, Sabtu 11 Juli 2020.

Kepala SMP Negeri 1 Tanah Luas, M. Ali, S.Pd.I.,M.Pd, mengatakan untuk persiapan awal pihaknya melakukan penyemprotan disinfektan untuk pencegahan penyebaran covid-19 untuk berjalannya ajaran baru tahun 2020/2021. Tetapi berdasarkan arahan ataupun edaran dari Kemendikbud dan Gubernur Aceh, itu masih melaksanakan pembelajarannya secara daring dari rumah, dan sudah disampaikan kepada semua dewan guru berkenaan itu.

“Tapi bagi yang manual atau siswa yang tidak menggunakan handphone android itu akan diberikan buku untuk dibaca di rumah, dan dikumpulkan tugas-tugasnya. Untuk persiapan di sekolah apabila sudah bisa proses belajar mengajar secara tatap muka, pertama sekali dipersiapkan berupa tempat cuci tangan dan masker yang nantinya kita bagikan kepada siswa maupun guru serta dilakukan jaga jarak sesuai protokol kesehatan covid-19,” kata M. Ali, kepada wartawan.

Menurut M. Ali, program khusus yanh diberlakukan kepada para siswa itu wajib belajar, jika tidak siap belajar secara daring (online) maka akan dibantu oleh dewan guru untuk mendatangi rumah siswa tersebut disertai membawa buku guna mengajarkan siswa, sehingga tanpa ada siswa yang tidak belajar.

“Sedangkan untuk tanggal 13 Juli 2020, itu kegiatannya saat datang siswa ke sekolah kita akan menyampaikan aturan-aturan untuk belajar di rumah. Apalagi nantinya ada siswa kelas I yang baru masuk, sehingga mereka belum mengetahui kondisi sekolah. Setelah itu kita menunggu aturan bagaimana tata cara proses pembelajaran selanjutnya,” ujar M. Ali.

Kapolres Aceh Utara, AKBP Tri Hadiyanto melalui Kapolsek Tanah Luas, Ipda Yose Rizaldi, menyebutkan, pihaknya sangat mendukung terhadap kebijakan kepala sekolah (SMP Negeri 1 Tanah Luas) tersebut, yang berinisiatif melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan sekolah.

“Kita (Polsek) bersama Koramil 10 Tanah Luas membantu 5.000 liter air atau cairan disinfektan daripada kegiatan tersebut. Selain penyemprotan disinfektan, kita juga melakukan pembersihan halaman sekolah dan mensterilkan semuanya,” ungkap Yose Rizaldi.

Namun demikian, lanjut Yose Rizaldi, pihaknya ke depan akan berkoordinasi dengan sekolah-sekolah lain untuk kegiatan serupa, ini merupakan sebagai contoh supaya dapat dilaksanakan nantinya. (Iva)